4 JENIS BENTUK TUBUH DAN ANALISA BENTUK TUBUH KONSUMEN

4 MACAM BENTUK TUBUH



Image result for woman body shape

"Fashion is not necessarily about labels. It's not about brands. It's about something else that comes from within you." (Ralph Lauren)





     Dalam dunia fashion, manusia memiliki bentuk tubuh yang berbeda beda, khususnya wanita. Dengan mengetahui bentuk tubuh, kita bisa tahu busana seperti apa yang cocok dikenakan oleh si pemilik bentuk tubuh. Berikut ini adalah ulasan tentang beberapa bentuk tubuh.

1. Buah Pir

Buah pir merupakan buah yang memiliki bentuk yang khas, yaitu bagian bawahnya lebih besar daripada bagian atas. Maka dari itu ciri-ciri bentuk tubuh buah pir adalah panggul lebih besar dari ukuran dada dan pinggang.

Image result for pear body shape
https://cl.wantable.com/image/upload/c_scale,w_500/v1539369530/blog/pear.jpg


Kunci dalam memilih fashion buat tubuh pir adalah dengan menambah volume bagian atas tubuh. Jika anda termasuk dalam kategori pemilik bentuk tubuh pir, sebaiknya anda memakai baju atasan yang sedikit longgar dengan bahan jatuh atau flowy.

Pilihlah bentuk leher V atau U lebar. Anda bisa membuat kesan bahu kamu sedikit lebar dengan memakai baju terbuka dengan bagian bahu terlihat sempurna, dengan begini area bagian bawah yang lebih lebar menjadi samar.


2. Apel

 Pemilik tubuh apel dapat dikenali dengan ciri-cirinya seperti: bahu lebar, payudara dan punggung tampak lebih besar, dan pinggul ramping.

Related image
https://cl.wantable.com/image/upload/c_scale,w_500/v1537303079/blog/apple.jpg

Untuk mendandani tubuh bebentuk apel, sebaiknya Anda mengalihkan perhatian menjauh dari bagian tengah tubuh karena bagian tersebut sudah penuh. Untuk mengalihkan perhatian dari bagian tengah tubuh, hindari pemakaian celana pendek, kemeja berpotongan tinggi atau pakaian yang potongannya berada di bawah atau atas bagian tengah tubuh Anda.

3. Jam Pasir

Bentuk tubuh jam pasir termasuk bentuk tubuh ideal bagi banyak wanita. Pada wanita yang memiliki tipe bentuk tubuh ini, ukuran lingkar dada dan lingkar pinggulnya kurang lebih sama, dan ukuran pinggangnya lebih kecil. Ini adalah bentuk tubuh yang seksi dan memiliki lekuk-lekuk yang dahsyat.



Image result for hourglass body shape illustration
https://cl.wantable.com/image/upload/c_scale,w_500/v1537302572/blog/hourglass.jpg
Berbusana untuk wanita dengan bentuk tubuh jam pasir membutuhkan gaya dan jenis kain yang dapat mengurangi tampilan bagian-bagian yang terkesan besar dan mencegah bentuk tubuh terkesan seperti kotak. Selain itu, carilah busana yang menarik perhatian pada bagian pinggang.

4.  Persegi

Bentuk tubuh ini dikenal sebagai supermodel, rectangular, atau ruler body. Bentuk tubuh yang tampak lurus disebabkan oleh bentuk pinggang yang tidak terlalu terdefinisi dengan baik. Jika ukuran pundak, dada, lingkar perut dan pinggang anda cenderung sama, maka bisa dipastikan anda memiliki bentuk tubuh lurus.



Image result for rectangle shape body
https://cl.wantable.com/image/upload/c_scale,w_500/v1537303212/blog/rectangle.jpg

 Jika ini tipe tubuh Anda, Anda bisa "mencubit" pinggang Anda dan menonjolkan lekuk tubuh agar Anda tubuh tidak terlihat terlalu lurus atau seperti laki-laki. Pilih pakaian dengan renda untuk menambah tekstur dan volume pada tubuh (serta membuat Anda lebih feminin).




ANALISA BENTUK TUBUH KONSUMEN

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Konsumen adalah peran terbesar dalam berjalannya suatu bisnis atau usaha, maka dari itu konsumen sering di sebut sebagai "raja", apapun keinginannya sebisa mungkin harus terpenuhi agar bisnis yang kita lakukan berjalan lancar.

Sangat penting bagi seorang desainer memperhatikan bentuk tubuh konsumennya, agar busana yang dikenakan pas dan sesuai dengan keinginan konsumen tersebut. Berikut ini adalah contoh cara menganalisa bentuk tubuh konsumen beserta tips busana apa yang cocok dikenakan oleh jenis bentuk tubuh konsumen ini.




 Berdasarkan sampel foto konsumen di atas dapat kita ketahui bahwa bentuk tubuh tersebut tergolong dalam bentuk tubuh persegi. Karena pada bagian dada, pinggang, dan panggul memiliki perbandingan ukuran yang hampir sama.

Orang yang memiliki tubuh persegi bisa menerapkan beberapa tips yang dikutip dari WikiHow.com berikut :

  • Jika ini tipe tubuh Anda, Anda bisa "mencubit" pinggang Anda dan menonjolkan lekuk tubuh agar Anda tubuh tidak terlihat terlalu lurus atau seperti laki-laki.
  • Pilih pakaian dengan renda untuk menambah tekstur dan volume pada tubuh (serta membuat Anda lebih feminin).
  • Jauhi celana jins model baggy dan celana gombroh jika Anda tidak ingin tubuh Anda terlihat seperti anak laki-laki.
  • Koleksi rok mini dan tight berwarna cerah untuk menonjolkan kaki Anda yang indah. Selain itu, pakaian jenis ini membuat tubuh yang lurus menjadi lebih berbentuk.
  • Kenakan ikat pinggang dan gaun yang pas pada pinggang. Anda harus melakukan hal ini karena bisa memberi ilusi lekuk pada tubuh.

Beberapa contoh outfits yang dapat digunakan :

Image result for rectangle shape body dress
https://i.pinimg.com/originals/8b/45/33/8b45333289a3c7973480aeac4f5eacc7.jpg








Image result for style rectangle body shape
https://i.pinimg.com/originals/bb/b8/e6/bbb8e6b2ed7133914f34acacef9994ab.jpg

Image result for clothing style for rectangle body shape
https://styleangel.com/wp-content/uploads/2018/10/Screen-Shot-2018-10-10-at-11.53.42-am.png


Image result for clothing style for rectangle body shape
https://fashionalliegator.files.wordpress.com/2012/04/rectangle.png






Dikutip dari beberapa sumber :

https://id.wikihow.com/Berpakaian-Sesuai-Tipe-Tubuh
https://meramuda.com/beauty-health/12-bentuk-tubuh-wanita-sudah-mengetahui-bentuk-tubuhmu/
https://beautynesia.id/7794/article/fashion/bermacam-macam-bentuk-tubuh-dan-ciri-cirinya


Comments

Popular posts from this blog

PENGETAHUAN TATA BUSANA (Busana Mutlak dan Pelengkap)